Yuk, Perpanjang Usia Kacamata!

Yuk, Perpanjang Usia Kacamata!

http://www.membersihkan.com/cdn/images/2016/05/Jangan-Salah-Begini-Cara-Membersihkan-Kacamata-yang-Benar.jpg

 

Kerusakan pada kacamata dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari pemakaian yang terlalu sering, hingga kesalahan dalam perawatan. Belum lagi, akumulasi minyak, bekas sidik jari, bahkan debu yang menempel di permukaan lensa.

Alih-alih ingin kembali “mengembalikan” fungsi kacamata yang tadinya mengaburkan pandangan, cara membersihkan kacamata yang salah juga dapat merusak lensa itu sendiri. Memang, sih, idealnya, kacamata harus diganti dua tahun sekali. Namun, jika dirawat dengan benar, bukan tidak mungkin “umur” pemakaian kacamata bisa bertambah.

Lantas, bagaimana cara membersihkan kacamata dengan benar?

1. Pembersih Khusus

Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih yang dapat dibeli di banyak toko maupun optik. Cairan ini, mampu menghilangkan kotoran—sehingga lensa kacamata bisa cling dan bening sempurna. Gunakan secara teratur, terutama untuk menjaga kacamata Anda tampak baru.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan sabun. Namun sebaiknya, pilih sabun yang bebas dari alkohol. Setidaknya, para optometris merekomendasikan sabun cuci piring sebagai pembersih kacamata yang paling baik. Catatannya: pilih larutan sabun cuci piring cair ber-pH netral, ya.

Yuk, Perpanjang Usia Kacamata!

 

2. Lap Lembut

Salah satu cara praktis membersihkan lensa kacamata adalah dengan menggunakan kain lap. Namun, pastikan kain yang Anda gunakan berserat lembut. Tujuannya, agar tidak menggores lensa. Jika perlu, basahi dengan sedikit air untuk melembapkan kain.

3. Keringkan dengan Perlahan

Keringkan kacamata dengan menggunakan kain berserat mikro yang sangat halus, atau kain lap lembut. Agar tidak merusak, gosokkan perlahan satu arah. Hindari pula menekan lensa terlalu keras. Setelahnya, simpanlah di tempat yang aman, agar terhindar dari debu. (CK)

 

*Catatan:

1. Jangan membersihkan kacamata dalam keadaan kering. Hal ini berisiko menciptakan goresan permanen pada lensa.

2. Sekalipun dalam kondisi darurat, hindari membersihkan kacamata dengan tisu, dasi, atau pakaian.

 

 

 

Login

 

 

  


Non Member / Guest Login


Bila Anda tidak ada mempunyai akun di App Optik Seis, Silahkan mengunduh App Optik Seis di :

Download on Google Play Available on the App Store

untuk mendapatkan point reward dan keuntungan lainnya.