Bebas biaya ongkir Free Shipping
Telepon kami untuk informasi Call Us 1500-809
Klik disini untuk chat Click to Chat
Email kami untuk informasi Email Us

Silahkan masukkan Username dan Password sesuai dengan member App Optik Seis


Bila Anda tidak ada mempunyai akun di App Optik Seis, Silahkan mengunduh App Optik Seis di :

Download on Google Play Available on the App Store

untuk mendapatkan point reward dan keuntungan lainnya.


  Non-Member

 

Waspada 4 Penyakit Mata di Usia Tua

Waspada 4 Penyakit Mata Di Usia Tua

Sedari dini kita perlu menyadari penyakit – penyakit mata yang mungkin mendatangi

ketika usia semakin bertambah.

 

Ketika menginjak usia senja, kondisi kesehatan pun terkadang mulai meredup, termasuk kesehatan mata. Demi kelanjutan aktifitas yang optimal, ada baiknya untuk mulai sadar dan mempersiapkan kesehatan sang ‘jendela hati’ Anda sedari dini. Tenang saja, apabila ditangani atau dipelihara dengan tepat, maka penyakit - penyakit mata niscaya dapat diatasi. Berikut adalah 4 jenis penyakit mata yang paling umum menghampiri ketika seseorang mulai menginjak usia paruh baya:

 

1. Katarak

Katarak merupakan penyakit mata yang membuat lensa mata terlihat keruh sehingga pandangan pun menjadi kabur. Penyakit ini biasanya muncul pada usia diatas 60 tahun. Beberapa gejalanya antara lain mata menjadi sensitif terhadap cahaya dan melihat objek menjadi lebih buram dan kekuningan. Penyebabnya bisa jadi efek dari penggunaan obat – obatan jangka panjang, konsumsi alkohol, perokok aktif, bahkan penyakit diabetes pun dapat berdampak ke munculnya katarak. Penyakit ini sebenarnya cukup mudah disembuhkan, yaitu dengan operasi katarak. Kebanyakan orang akan mengalami peningkatan kesehatan mata setelah melakukan operasi katarak. Jika ingin mengurangi resiko terkena penyakit katarak, Anda dapat mulai rajin mengonsumsi vitamin A, serta menjalani pola hidup yang sehat dan asupan makanan yang sehat.

2. Presbiopia

Presbiopia disebabkan karena daya akomodasi lensa mata tak bekerja dengan baik, akibatnya mata tidak dapat melihat objek jauh maupun dekat dengan optimal. Penyakit ini dapat menyerang seseorang yang memasuki usia 40 tahun keatas. Gejalanya antara lain tidak bisa melihat huruf berukuran kecil, sakit kepala seusai membaca, dan mata selalu berair. Presbiopi dapat diatasi dengan lensa ganda yang berisi lensa plus (+) dan minus (-). Untuk pencegahannya, Anda dapat mulai merawat mata dengan memakai kacamata komputer untuk melindungi mata dari radiasi saat menggunakan gadget, rajin mengonsumsi vitamin A, serta usahakan membaca di tempat yang cukup cahaya.

3. Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit mata yang timbul akibat tingginya tekanan di dalam bola mata sehingga merusak saraf optik. Pada glaukoma tingkat stadium lanjut, dapat mengakibatkan kebutaan pada penderitanya. Terkadang jenis penyakit glaukoma tidak memiliki gejala yang jelas, kecuali hilangnya penglihatan secara bertahap. Para orang tua yang menginjak usia 60 tahun ke atas, ataupun yang memiliki riwayat keluarga pernah terkena glaukoma akan beresiko lebih tinggi mengalaminya. Pemeriksaan dan perawatan dini secara berkala ke dokter mata dapat membantu pencegahan untuk penyakit glaukoma ini.

4. Degenerasi Makula

Degenerasi Makula adalah penurunan kemampuan penglihatan dalam memandang lurus ke depan, membaca, menyetir, menulis, melihat dengan baik dalam gelap, dan mengenali wajah seseorang. Pada umumnya penyakit ini memang mulai ditemukan pada usia lanjut seperti 50 tahun ke atas, ditandai dengan pandangan yang mulai buram dan terdapat blind spot. Tanda dan gejala lain termasuk kebutuhan akan cahaya semakin terang ketika membaca atau melakukan pekerjaan jarak dekat, tulisan cetak yang muncul akan terlihat terdistorsi atau semakin lama semakin kabur, warna-warna tampak pudar dan kusam, dan kekaburan bertahap pada penglihatan. Pencegahan gangguan mata ini dapat dengan mengonsumsi asupan yang mengandung vitamin A, C, beta karoten, menghindari rokok, serta memeriksakan mata ke dokter apabila mulai terasa gejala tidak nyaman tersebut.

Image source: www.img.webmd.com

 

Favorites
Favorites
    empty