Bebas biaya ongkir Free Shipping
Telepon kami untuk informasi Call Us 1500-809
Klik disini untuk chat Click to Chat
Email kami untuk informasi Email Us

Silahkan masukkan Email dan Password sesuai dengan member App Optik Seis


Bila Anda tidak ada mempunyai akun di App Optik Seis, Silahkan mengunduh App Optik Seis di :

Download on Google Play Available on the App Store

untuk mendapatkan point reward dan keuntungan lainnya.


  Non-Member

 

Tips Membawa Lensa Kontak Saat Traveling

Tips Membawa Lensa Kontak Saat Traveling

Ada beberapa alasan mengapa beberapa orang harus menggunakan lensa kontak. Satu yang utama, yakni aktivitas harian yang tidak memungkinkan ia menggunakan kacamata. Adapun masalah ini kerap bertambah, apabila seseorang ingin berpelesir. Di satu sisi penglihatannya buruk tanpa “alat” penglihatan; dan di sisi lain—penggunaan lensa kontak di tempat baru cenderung berisiko seperti membuat mata cepat kering, alergi, hingga iritasi.

Traveling dengan lensa kontak sendiri pada akhirnya menjadi sebuah hal yang mungkin dengan syarat, Anda rajin menjaga kebersihan lensa; membawa cukup peralatan dan pembersih lensa; serta satu set lensa kontak dan kacamata cadangan. Nah, sebagai solusi untuk perjalanan yang lebih nyaman, berikut adalah beberapa tips dan pertimbangan yang harus Anda ketahui.

1. Perlu Kacamata atau Tidak?

Meski sebagian besar pengguna lensa kontak tidak suka menggunakannya, Anda bisa membawa kacamata—setidaknya untuk berjaga-jaga, jika suatu saat lensa kontak Anda hilang. Ini juga menjadi solusi alternatif, jika sesaktu-waktu Anda mengalami alergi maupun sakit mata. Adapun harus diketahui, tempat-tempat yang beriklim kering maupun berada di ketinggian; cenderung mendatangkan masalah seperti mata kering/alergi bagi pengguna lensa kontak.

2. Persediaan yang Cukup

Anda bisa membawa botol contact lens solution dalam ukuran kecil; lalu isi ulang sesuai kebutuhan. Jangan lupa, bawalah pula kotak penyimpanan (case) lensa kontak Anda. Untuk hal ini, direkomendasikan untuk menggunaan kotak lensa yang kuat (karena lebih tahan lama). Selain itu, isi pula wadah lensa kontak dengan sedikit larutan, lalu tutup dengan rapat.

3. Bersihkan dengan Rutin

Untuk menghindari infeksi yang terjadi akibat transfer bakteri dari tangan ke mata, biasakan untuk selalu membersihkan lensa kontak. Bagaimanapun, setitik kotoran tetap berpotensi menggores maupun merobek lensa kontak Anda. Nah, untuk mencegahnya, berikut adalah beberapa tips dan saran yang harus Anda ketahui.

a. Sabun dan air. Pilih sabun dengan konsentrasi rendah bahan kimia. Adapun membersihkan jari tangan dengan sabun dan air merupakan satu cara termurah dan paling efektif; untuk menghilangkan kotoran/bakteri yang berbahaya bagi mata maupun lensa kontak Anda.

  1. Hand sanitizer. Jika Anda sedang ada di wilayah dengan ketersediaan air yang terbatas, pastikan terus membawa hand sanitizer sebagai langkah antisipasi. Pelan-pelan, gosok hand sanitizer di ujung jari, lalu diamkan sebentar. Adapun untuk mengurangi kandungan alkohol yang berisiko membuat mata panas, bilas jari Anda tadi dengan sedikit air atau larutan lensa.

 Tips:

Hindari hand sanitizer yang mengandung triklosan.

c. Tisu basah. Praktis dan mudah, menjadikan tisu basah disukai banyak orang. Tidak hanya itu, kandungan alkohol di dalamnya juga membuat tisu basah amat berguna, terutama untuk menyalakan api dalam keadaan darurat. Anda bisa mencari versi yang mengandung alkohol dan antiwangi; lalu bersihkan ujung jari Anda dengan tisu basah.

4. Berhematlah

Karena Anda sedang berada di tempat jauh dan serba terbatas, usahakan untuk menggunakan larutan solution dengan hemat. Anda cukup menggunakannya untuk menjaga lensa kontak tetap lembap; semisal hanya merendamnya dengan sedikit larutan. 

Adapun selalu menggunakan larutan solution yang masih segar untuk mensterilkan lensa dengan baik. Jangan gunakan air keran, atau air biasa (sekalipun itu air mineral) untuk menyimpan maupun membilas lensa kontak.

5. Softlens harian

Gunakan softlens harian yang lebih mudah digunakan dan lebih efisien karena tak perlu repot menggunakan solutions dan penyimpanan. Softlens harian kini tersedia dalam jenis transparan dan warna

Favorites
Favorites
    empty