Lindungi Matamu Dari Bahaya Sinar Matahari

Seringkali kita mengesampingkan akan bahayanya sinar matahari dengan organ penglihatan kita yaitu mata. Namun seberapa banyak dari kita yang lebih memperhatikan kesehatan kulit dari mata? Bukankah dampaknya sama ke mata dan kulit? Marilah mulai memberi perhatian lebih dengan kesehatan mata, kita sangat hati-hati dalam menjaga dan melindungi kulit bukan? Lakukanlah hal yang sama dengan mata kamu.

Kita sering mendengar istilah sinar UV (ultra violet), tahukah kamu tipe-tipe UV dan bagaimana sinar tersebut mempengaruhi matamu?

Ada 3 tipe sinar Ultraviolet yaitu UVC, UVB dan UVA.

  • UVC

Sinar UVC adalah jenis sinar ultraviolet yang paling berbahaya, namun tidak perlu cemas! Berkat kehebatan lapisan ozon bumi, maka kita semua terlindungi dari sinar UVC ini.

  • UVB

Tidak seperti UVC, UVB tidak dapat dikikis oleh lapisan ozon bumi oleh karena itu kita harus berhati-hati dengan sinar UV yang satu ini. Pancaran dari sinar UVB dapat menyebabkan photokeratitis (yang langsung dapat membahayakan/menyengat kornea mata), cataracts, pterygium (adanya dagin tumbuh berwarna putih atau cream di mata) dan squamous yaitu kanker mata

  • UVA

Seperti UVB, pancaran sinar UVA tidak terserap habis oleh lapisan ozon. Sinar UVA ini dapat merusak bagian retina mata, namun untuk efek ini sangat kecil karena sebagian besar pancaran sinar ini telah di serap terlebih dahulu oleh kulit sehingga tidak terlalu mempengatuhi kornea mata.

Berikut tips untuk melindungi mata dari bahaya sinar matahari:

  1. Saat beraktifitas diluar ruangan dengan sinar matahari yang silau/cerah, pastikan lindungi mata kamu dengan menggunakan topi yang dapat melindungi pancaran langsung atau sunglass yang dapat menghalang sinar UV langsung ke mata.
  2. Saat matahari sedang menerangi bumi, jangan pernah melihat langsung ke arah matahari. Hal ini berlaku saat matahari sedang terik ataupun tidak, karena bahaya pancaran sinarnya akan berdampak sama yang dapat merusak retina mata.
  3. Keadaan luar sedang berawan? Jangan tertipu ya, pancaran sinarnya juga tetap dapat menembus awan-awan yang menghalangi. Jangan lupa gunakan sunglass UV nya!

Ikuti tips-tips diatas untuk melindungi matamu dari bahaya sinar matahari ya, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

LOGIN

 

 

  


Non Member / Guest Login


Bila Anda tidak ada mempunyai akun di App Optik Seis, Silahkan mengunduh App Optik Seis di :

Download on Google Play Available on the App Store

untuk mendapatkan point reward dan keuntungan lainnya.