Floaters Pada Mata

Penglihatan anda tiba-tiba muncul bayangan garis - garis halus, titik-titik hitam, dan bergera-gerak saat melirik ke kiri dan kanan? Jangan takut dulu, Optik Seis akan memberikan informasi mengenai hal tersebut.

Floaters Pada Mata     Floaters Pada Mata

Bayangan tersebut disebut dengan istilah floaters. Biasanya floaters akan semakin jelas bila Anda melihat ke arah dinding atau ke langit-langit. Floaters terjadi karena vitreus yang mengalami proses penuaan dan terlepas dari retina. Bagian vitreus yang terlepas pada mata akan terlihat oleh mata kita sendiri sebagai benda yang melayang-layang. Vitreus adalah sejenis cairan kental dan jernih yang mengisi dan membentuk bola mata kita. Pada orang berusia muda vitreus berbentuk seperti agar-agar (jeli). Semakin tua akan semakin cair.

 Floaters Pada Mata
Biasanya floatres terjadi pada usia di atas 55 tahun, tetapi floaters pada mata juga bisa terjadi pada usia muda. Penderita miopia tinggi, pernah dilasik, operasi katarak, trauma mata, dan turunan sejak lahir dapat mengalami floaters.

Floatres pada mata memang mengganggu, namun tidak berbahaya. Akan tetapi bila anda mengalami hal tersebut harus melakukan pemeriksaan mata ke dokter. Floaters pada mata tidak bisa hilang sepenuhnya, tetapi akan berkurang dengan sendirinya. Hal tersebut terjadi karena adanya proses alamiah pada mata dan proses adaptasi yang mengabaikan adanya bayangan tersebut.

 

Terdapat berbagai cara untuk mencegah timbulnya floaters pada mata, yaitu :

  • Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksida, seperti wortel, sayur, dan produk laut yang mengandung banyak zat iodium.
  • Hindari sorotan langsung sinar ultraviolet terhadap bagian mata.
  • Para pengguna komputer perlu memperhatikan perlindungan bagian matanya.
  • Bagi penderita rabun jauh perlu mengenakan kaca mata yang cocok, dengan demikian dapat menghindarkan penatnya daya lihat.
  • Perhatikan sinar lampu ketika membaca dan jangan terlalu lama waktu membaca.
  • Perhatikan kebugaran jasmani dan memperkuat stamina.

 

Kemungkinan besar Floaters akan muncul di usia lanjut. Akan tetapi, munculnya bayangan Floaters akan lebih sedikit bila anda melakukan pencegahan di atas dan menggunakan kacamata yang cocok dengan mata anda. Segeralah ke Optik Seis terdekat untuk melakukan pemeriksaan mata anda. Be happy and be healthy!

Login

 

 

  


Non Member / Guest Login


Bila Anda tidak ada mempunyai akun di App Optik Seis, Silahkan mengunduh App Optik Seis di :

Download on Google Play Available on the App Store

untuk mendapatkan point reward dan keuntungan lainnya.