Free Shipping
Call Us 1500-809
Click to Chat
Email Us
 

Cara Menyembuhkan Mata Silinder

Sumber: http://sweetspearls.com/wp-content/uploads/mata-silinder.jpg

 

Astigmatis, atau yang kerap kita sebut dengan mata silinder—merupakan satu kondisi akibat bentuk kornea mata yang tidak sempurna. Penglihatan menjadi kabur atau berbayang, sebab cahaya yang masuk dari kornea tidak difokuskan pada satu titik retina. Penderitanya, cenderung mengeluhkan sakit kepala, mata tegang, atau kesulitan membaca tulisan kecil. Adapun hal ini ditambah dengan silau berlebih, terutama saat harus berkendara di malam hari.

Bagaimanapun, mata silinder bisa disembuhkan. Berikut adalah beberapa caranya.

1. Gunakan Kacamata dan Lensa Kontak

Berbeda halnya dengan mata minus, pada umumnya—ukuran mata silinder tidak akan bertambah jika Anda menggunakan kacamata yang tepat. Namun, bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan kacamata, bisa mencoba lensa kontak sebagai alternatif. Jangan lupa, konsultasikan dulu pilihan Anda dengan dokter maupun ahli mata.

2. PRK dan LASIK

PRK (Photorefractive Keratectomy) merupakan satu prosedur bedah untuk memperbaiki mata silinder. Caranya, dengan mengupas epitel (lapisan luar kornea); lalu menipiskan lapisan stroma dengan sinar laser.

Selain PRK, LASIK (Laser-Assisted in situ Keratomileusis) menjadi satu metode populer untuk memperbaiki  kelainan mata minus, plus, dan silinder. Secara umum, operasi ini akan mengembalikan lengkungan mata menjadi normal. Sayang, operasi ini membutuhkan biaya yang mahal. 

3. Olahraga Mata

Lakukan olahraga mata setiap hari, minimal saat pagi dan malam sebelum tidur. Tujuannya, untuk melatih mata agar lentur dan mendapatkan cukup oksigen. Caranya pun mudah. Anda hanya perlu menggerakkan mata ke kiri dan kanan; lalu pandangan lurus ke depan. Selanjutnya, pijat pelipis kanan dan kiri searah jarum jam, lalu pijit perlahan bagian bawah kepala.

4. Kompres dengan Air Hangat

Meski kacamata dibutuhkan, jangan biarkan mata Anda jadi ketergantungan. Setiap harinya, kompres mata dengan air hangat. Tujuannya, untuk membuat otot mata menjadi lentur, rileks, dan tidak tegang.

5. Setop Kebiasaan Buruk

Hentikan kebiasaan yang buruk bagi mata. Ini mencakup membaca terlalu lama; menonton televisi terlalu dekat; atau bermain komputer dengan penerangan yang buruk. Satu hal yang penting, kondisikan mata agar dapat senyaman mungkin melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Jangan sampai, mata jadi terlalu lelah dan tegang.

Adapun Anda wajib menjaga kebersihan mata. Caranya, bisa dengan merendam kapas dengan air bersih, lalu seka bagian mata dari sisi kiri ke kanan; untuk menghilangkan kotoran yang mengganjal.

6. Konsumsi Suplemen Mata

Kondisi mata silinder, bisa juga disebabkan kurangnya asupan zat/gizi pada mata. Nah, untuk menyiasatinya, Anda bisa mengonsumsi suplemen mata—yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko obat atau apotek. Di sisi lain, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen alami, semisal wortel, ikan salmon, tomat, atau blueberry. 

Favorites
Favorites
    empty